Senin tanggal 28 Agustus 2023 , Jurusan Ilmu Komputer Universitas Riau kedatangan seorang Profesor dari Univesitas Malaysia Pahang. Tamu tersebut adalah Profesor Kamarul Hawari yang bertugas Fakultas Teknologi Rekayasa Listrik dan Elektronika, Universiti Malaysia Pahang. Adapun Bidang penelitian utamanya meliputi Sistem Visi Mesin, Pemrosesan Gambar, Pemrosesan Sinyal, Sistem Cerdas, Kontrol Penglihatan, Analisis Pencitraan Termal. (dalam semua aplikasi terkait – Listrik, Medis, Lingkungan), Pembelajaran Mendalam untuk Klasifikasi Gambar dan Sinyal.

 

Profesor Kamarul Hawari disambut oleh Dr. Imran M., M. Sc (Wakil Dekan Bidang Akademik) dan Dr. Elfizar, S.Si., M.Kom (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan) sebagai unsur pimpinan Fakultas MIPA Universitas Riau serta dihadiri secara antusias oleh seluruh dosen di Jurusan Ilmu Komputer UNRI. Kunjungan ini merupakan salah satu upaya dari program studi Sistem Informasi yang berada di bawah Jurusan Ilmu Komputer untuk mendapatkan akreditasi internasinal.  Kunjungan ini membahas peluang kolaborasi riset yang bisa diadakan antara Jurusan Ilmu Komputer UNRI dengan Universitas Malaysia Pahang. Selain itu, juga dibahas kemungkinan tawaran dan peluang untuk studi lanjut bagi beberap orang dosen Jurusan Ilmu Komputer UNRI.

 

 

Lebih lanjut, dalam memaparkan peluang untuk kolaborasi riset, Profesor Kamarul Hawari membawakan materi mengenai penerapan teknologi Image Processing dan Deep Learning dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu studi kasus yang hangat dibahas adalah bagaimana teknologi Image Processing bisa diterapkan dalam bidang perikanan dengan mengembangan teknologi eFeeder. Teknologi eFeeder adalah alat yang ditujukan untuk mempermudah pemberian pakan dalam proses budidaya ikan dengan eFeeder. Alat pemberi pakan otomatis ini dapat diatur melalui handphone sesuai dengan keinginan dan kebutuhan budidaya. Selain itu juga dibahas berbagai macam contoh penerapan algoritma Deep Learning dalam bidang agrikultur dan perairan.

 

 

Sebagai penutup kunjungan Dr. Elfizar, S.Si., M.Kom mengharapkan agar inisiasi kolaborasi riset yang telah digagas ini bisa segera terwujud sebagai salah satu langkah upaya meningkat mutu dan kualitas penelitian di Jurusan Ilmu Komputer UNR